Ads 468x60px

Monday, November 26, 2012

Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula

Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula
Lembaga yang bertugas melaksanakan pemilu adalah KPU (Komisi Pemilihan Umum). Di situs KPU sudah terdapat beberapa Buku Modul yang berguna dalam pemilu bagi pemilih pemula. Di dalam buku tersebut disebutkan bahwa besar sekali manfaat pemilu yang dapat diperoleh suatu negara, dikarenakan pemilu adalah wadah pelaksanaan kedaulatan rakyat, wadah dalam mengganti pemimpin secara kontitusional, wadah untuk ketua politik dalam mendapatkan legitimasi, dan wadah untuk rakyat dalam mengikuti proses politik.


Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula - buku modul

Warga yang dapat ikut serta dalam pemilu adalah warga yang memenuhi salah satu syarat pemilu, yaitu warga yang telah berusia 17 tahun, sudah atau pernah menikah, dan purnawirawan (TNI atau Kepolisian yang telah pensiun). Warga yang berumur 17 tahun merupakan pemilih pemula dalam pemilu.

Pemilih pemula merupakan pemilih yang memiliki dampak signifikan untuk menambah angka partisipasi pemilu. Oleh karena hal itu, pemerintah wajib melakukan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula, agar pemilih pemula dapat menambah pengetahuan akan pemilu dan memiliki kesadaran akan pentingnya peran mereka dalam pemilu.

Sosialisasi pemilu terhadap pemilih pemula harus dapat memberikan kesan pertama, yaitu kesan yang bagus bahwa pilihan pemilih pemula sangat berguna karena dapat mempengaruhi nasib pemerintahan selanjutnya dan sekaligus mengembangkan kesejahteraan hidup negara. Pemahaman yang baik itu diharapkan bisa menjadikan pemilih pemula agar mempunyai motivasi untuk terus menjadi pemilih yang cerdas dan agar tercapai tujuan pendidikan politik itu sendiri dan hal tersebut merupakan manfaat dari pemilu, yakni pencerdasan politik.

Artikel terkait
  1. Pemilu
  2. Sejarah Pemilu
  3. Dark Money Fenomena Buruk Dalam Pemilu

No comments:

Post a Comment