Ads 468x60px

Wednesday, October 29, 2014

Arti dan Jenis-Jenis Koperasi

Arti dan Jenis-Jenis Koperasi

Hadirnya koperasi di dunia ini sebagai reaksi terhadap sistem ekonomi bebas. Dalam sistem ini segelintir individu pemilik modal menguasai kehidupan perekonomian masyarakat begitu kokoh sekali.
Dalam sistem ini terjadi persaingan secara individu-individu tersebut untuk mengejar keuntungan sebesar-besarnya. Dampaknya mereka hidup berlebihan, sedangkan di pihal lain yaitu sebagian besar masyarakat yang lemah kedudukan ekonominya berupaya mengadakan kerja sama di antara mereka dengan cara menciptakan satu wadah organisasi di bidang usaha perekonomian, tidak lain untuk memperbaiki tara kesejahteraan kehidupannya. Wadah organisasi inilah yang kemudian dikenal sebagai Koperasi.


Koperasi berasal dari penggabungan dua buah suku kata yaitu Co dan Operation yang memiliki makna bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama pula. Sedangkan pengertian dari koperasi yang sesungguhnya adalah suatu wadah perkumpulan yang memiliki anggota orang-orang atau badan-badan, yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan menganut sistem kekeluargaan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Pada hakikatnya koperasi mengandung batasan-batasan sebagai berikut :

1. bertujuan meningkatkan kesejahteraan para anggotanya,
2. tidak terpaku kepada modal, akan tetapi lebih menjurus kepada kesejahteraan sosial ekonomi,
3. netral terhadap agama,
4. para anggotanya bersifat bebas dan sukarela

Sedangkan jenis koperasi yang ada di lingkungan masyarakat dapat digolongkan menjadi 5 jenis yaitu :

1. Koperasi simpan pinjam
2. Koperasi konsumsi,
3. Koperasi produksi
4. Koperasi jasa
5. Koperasi serba usaha

No comments:

Post a Comment