Ads 468x60px

Monday, May 5, 2014

6 Makanan yang mengandung zat besi

6 Makanan yang mengandung zat besi


Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, di antaranya untuk memproses proteni seperti hemoglobin dan myoglobin. Kebutuhan zat besi bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan. Berikut enam di antaranya :


1.     1. Roti Gandum
Gandum mengandung zat besi yang besar, selain memiliki fungsih mencegah penyakit jantung dan kanker. Jadi meskipun tidak melakukan diet, roti gandum bisa menjadi pilihan untuk pengikat zat besi kita. Pilihan yang tepat untuk para dieters alias pelaku diet.

2.     2. Kulit Kentang
Bagaimana kebiasaan kita ketika makan kentang? Hanya memakan daging kentang dan kulitnya dikupas lalu dibuang. Ternyata riset menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi mulai sekarang mari kita coba makan kentang sekaligus dengan kulitnya.

3.     3. Bayam
Siapa yang tak kenal dengan sayur hijau yang segar dan menyehatkan ini? Sayuran yang sangat membantu kita untuk mengikat zat besi. Dengan bayam kita dapat mengikat banyak sekali zat besi. Bayam memang dikenal sejak dahulu dapat mengurangi gejala anemia. Jadi yuk jangan ragu untuk menyantap bayam setiap minggu.

4.      4.Tahu
Makanan murah meriah dan wajib ada bagi sebagian besar orang Indonesia. Makanan yang merakyat dan menyehatkan ini kaya akan protein dan zat besi. Namun pastikan tahu yang dikonsumsi harus alami tanpa ada olahan pabrik maupun bahan kimianya.

5.      5. Kacang-kacangan
Takut jerawat sehingga takut untuk memakannya dengan leluasa dan sesuka hati. Tapi ternyata kacang-kacangan memiliki zat besi yang banyak. Dalam 100 gram kacang terdapat 5mg zat besi dan 102 mg kalsium. Jadi untuk zat besi, kacang bisa membatnu kita menyebarkan oksigen dalam tubuh. Wow baru tahu kandungan kacang-kacangan yang begitu bermanfaat bagi tubuh.

6.      6. Cocoa Powder atau Dark Chocolate
Siapa yang tak menyukai coklat? Makanan manis yang sangat digemari berbagai kalangan ini disebut-sebut kaya akan zat besi daripada daging sapi. Mengkonsumsi cokelat dengan vitamin C seperti buah jeruk akan melengkapi kebutuhan zat besi tubuh.


Yuk mulai sekarang lakukan hidup pola hidup sehat..

No comments:

Post a Comment