Ads 468x60px

Tuesday, November 27, 2012

Foto Rio Haryanto

Berikut foto-foto tentang Rio Haryanto yang penulis ambil dari sumbernya.
Silahkan dinikmati..



Monday, November 26, 2012

Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula

Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula
Lembaga yang bertugas melaksanakan pemilu adalah KPU (Komisi Pemilihan Umum). Di situs KPU sudah terdapat beberapa Buku Modul yang berguna dalam pemilu bagi pemilih pemula. Di dalam buku tersebut disebutkan bahwa besar sekali manfaat pemilu yang dapat diperoleh suatu negara, dikarenakan pemilu adalah wadah pelaksanaan kedaulatan rakyat, wadah dalam mengganti pemimpin secara kontitusional, wadah untuk ketua politik dalam mendapatkan legitimasi, dan wadah untuk rakyat dalam mengikuti proses politik.

Dark Money Fenomena Buruk Dalam Pemilu

Black Campaign adalah salah satu fenomena menarik yang terjadi dalam pelaksanaan pemilihan umum presiden di Amerika Serikat (AS). Pengamat politik AS Burdett Loomis mengatakan fenomena black campaign bukanlah hal paling buruk yang dalam pilpres AS.

"Hal paling buruk dalam pilpres AS justru adalah 'dark money'," ujar Loomis di @america, Jakarta (25/9/2012).

Hal tersebut diungkapkan Loomis ketika berbicara dalam diskusi terkait peran media dalam pilpres AS. Namun Loomis tak menjelaskan lebih lanjut terkait praktek 'dark money' dalam pilpres AS.

Dark Money selama ini diketahui merupakan dana gelap yang kerap digunakan untuk membiayai kampanye pemilu untuk meraih dukungan publik.

Pemilu

Pemilu (Pemilihan Umum) sudah beberapa kali dilakukan di Indonesia dan pemilu pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955. Pemilu adalah wadah dalam mewujudkan  kedaulatan rakyat dimana rakyat diberikan hak oleh pemerintah untuk memberikan suaranya dalam memilih pemimpin politik secara langsung, bebas, jujur, dan adil. Pengertian pemimpin politik merupakan orang-orang yang mewakili rakyat dengan memiliki jabatan sebagai kepala pemerintahan atau pemimpin lembaga eksekutif seperti walikota atau bupati, gubernur, presiden. Berkedudukan di lembaga perwakilan rakyat (parlemen) di tingkat pusat ataupun daerah.

Sejarah Pemilu

Pemilu 1955.

Ini merupakan pemilu yang pertama dalam sejarah bangsa Indonesia. Waktu itu Republik Indonesia berusia 10 tahun. Kalau dikatakan pemilu merupakan syarat minimal bagi adanya demokrasi, apakah berarti selama 10 tahun itu Indonesia benar-benar tidak demokratis? Tidak mudah juga menjawab pertanyaan tersebut.

Yang jelas, sebetulnya sekitar tiga bulan setelah kemerdekaan dipro-klamasikan oleh Soekarno dan Hatta pada 17 Agustus 1945, pemerin-tah waktu itu sudah menyatakan keinginannya untuk bisa menyele-nggarakan pemilu pada awal tahun 1946. Hal itu dicantumkan dalam Maklumat X, atau Maklumat Wakil Presiden Mohammad Hatta tanggal 3 Nopember 1945, yang berisi anjuran tentang pembentukan par-tai-partai politik. Maklumat tersebut menyebutkan, pemilu untuk me-milih anggota DPR dan MPR akan diselenggarakan bulan Januari 1946. Kalau kemudian ternyata pemilu pertama tersebut baru terselenggara hampir sepuluh tahun setelah kemudian tentu bukan tanpa sebab.